Selasa, 22 Maret 2016


SEDEKAH ALAM
Aceh tamiang, senin 29/02/2016

  Mewujudkan rasa terimakasih atas apa yang telah diberikan alam untuk kemaslahatan umat manusia dalam bentuk sedeqaH alam. Kegiatan ini berangkat dari keresahan warga bantaran sungai tamiang di kampung kota Kualasimpang Aceh Tamiang. Apakah bentuk keresahan yang mereka rasakan ?
   Mereka adalah masyarakat yang masih menggantungkan hidup dan kehidupannya di sungai. Memang bukan mata pencaharian utama, tetapi sangat membantu menutupi kebutuhan sehari-hari. Namun beberapa tahun belakangan mereka mulai sangat terganggu dengan ulah orang-orang yang meracun dan membuang sampah ke sungai. 
   Berbagai cara sudah mereka coba lakukan, dari mulai menangkap, memarahi,bahkan tidak jarang mereka harus adu otot dengan pelaku. Ternyata cara-cara itu tidak membuat pelaku yang meracun disungai menjadi berkurang, bahkan terkadang menantang seakan tidak takut dilaporkan. Kemudian muncullah ide untuk menggunakan cara-cara yang lebih elegan namun dirasa mampu menyentuh hati orang-orang keras hati tersebut. Muncullah ide untuk membuat SEDEKAH ALAM dengan dasar bahwa ; "sudah banyak sekali yang kita ambil dari alam ini, tetapi pernahkah kita betrpikir untuk berterimakasih kepada alam?"
    Senin, 29 februari 2016 menjadi hari yang sangat bersejarah di Kampung Kota Kualasimpang, Kecamatan Kualasimpang, Kabupaten Aceh Tamiang. GEBYAR SEDEKAH ALAM berlangsung sangat sederhana, sekelompok warga yang menamakan diri mereka ; "RANGGA" mengumpulkan uang dan bekerjasama bahu membahu. Ter-realisasilah beberapa kegiatan antara lain ; 
1. Tanam tunas bambu, 
2. Tebar benih ikan, 
3. Diskusi kecil tentang kondisi sungai Tamiang, 
    Dihadiri oleh Kepala Kantor BLHK Aceh Tamiang, Jajaran Kepolisian, TNI,Tokoh Masyarakat, Pers dan LSM acara ini berjalan lancar. Acara ditutup dengan makan siang bersama dan Do'a oleh Imam. 
    
                              
Ka. BLHK Aceh Tamiang ; Samsul Rizal  melepas benih ikan di sungai tamiang

Kel. RANGGA bersama Ka. BLHK, jajaran Kepolisian dan teman-teman Pers Aceh Tamiang

 Unit usaha Kafe Apung Salah satu warga Pelabuhan Kualasimpang
Makan bersama dengan seluruh tamu undangan yang hadir di acara GEBYAR SEDEKAH ALAM

Tidak ada komentar: